to WEB.CURHAT
KATA HATI
RUBRIK KITA perkataan perbuatan yang kita lakukansetiap hari merupakan salah satu dari pikiran kata hati kita dimana kita akan melangkah dimana kita berjalan menuju suatu tempat pasti kita selalu mengikuti kata hati kita.. perasaan dan kata hati yang begitu yakin maka kita akan selalu mengikutinya dan tidak akan pernah dan tidak akan bisa untuk bisa melawan kata suara kata hati, dan janganlah pernah kamu untuk membunuh dan melawan apa kaya hatimu karna itu sudah kehendak tuhan?

ARTIKEL

Archives

Links


loeck_cay@yahoo.com

Powered for luckman
by lampunk

KATA HATI

Monday, March 07, 2005
tips & trik
Saat Siap Menerima Kritik


Cara-cara mengkritik yang baik sudah sering dibahas dan dibicarakan. Karena mengkritik pada dasarnya memang lebih mudah daripada dikritik. Nah sekarang bagaimana seandainya anda yang dikritik..? Jujur aja deh, pasti ada perasaan ‘tidak enak’ ketika mendengar kritik itu kan..?

Memang sih kritik umumnya ‘pedas’ dan bikin telinga panas. Tapi jangan keburu emosi, pikirkan sisi baik dari kritik tersebut. Soalnya bagi anda para profesional, kritik juga merupakan salah satu bagian dari motivasi untuk maju. Lalu gimana dong caranya agar bisa menerima kritik dengan besar hati? Di bawah ini adalah beberapa tips dalam menerima kritik agar anda tetap berbesar hati plus tidak sakit hati:

* Perhatikan baik-baik setiap kritik yang dilontarkan pada anda. Pahami seluruh makna yang terkandung dalam kritik tersebut. Dan jangan ‘memotong’ pembicaraan ketika orang lain tengah mengkritik anda. Dengarkan sampai selesai semua kritik tersebut.

* Perhatikan juga cara orang mengkritik anda, perhatikan setiap kata-katanya, tatapannya, dan bahasa tubuhnya. Dengan demikian anda dapat menduga alasan seseorang mengkritik anda.

* Jangan beranggapan bahwa kritik yang dilontarkan pada anda sebagai upaya penyerangan terhadap diri anda pribadi. Tidak semua kritik bermaksud ‘menjatuhkan’, umumnya kritik justru bersifat membangun. Kritik dapat mengungkapkan hal-hal yang tersembunyi dari kelemahan anda. Dan ini tentu diperlukan untuk kemajuan profesionalisme anda.

* Teliti dan evaluasi kebenaran kritik itu bagi diri anda. Jika ternyata tidak benar, jangan menanggapinya dengan emosi, kebencian, apalagi dendam. Ambil hikmahnya bahwa orang lain ‘care’ pada anda. Dan jika kritik itu mengandung kebenaran, jadikan kritik tersebut sebagai alat untuk mengkoreksi dan memperbaiki diri.

* Tetaplah menjaga sikap, kebiasaan, dan perilaku baik anda. Dengan demikian, anda telah menjawab kritik dengan tindakan nyata.

* Menjawab kritik juga merupakan hak anda. Jika ingin menanggapi kritik, gunakan cara yang asertif dan simpatik. Jangan memakai cara yang agresif dan represif. Jagalah profesionalisme anda ketika menanggapi kritik.

Kalau anda sudah tahu tips di atas, tentu anda akan lebih siap jika suatu hari anda menerima kritik. So, kritik…? Siapa takut…!

Post a Comment



created by : luckman lampunk